DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN
Materi yang akan saya bahas:
1.
Bagaimana
langkah membuat program aplikasi?
2.
Alat /
software apa saja yang diperlukan?
3.
pengertian
tentang Bahasa pemrograman (disertai
contoh)
4.
pengertian
tentang Algoritma beserta diagram
alir (disertai contoh)
5.
Contoh
diagram alir untuk menentukan sebuah bilangan, apakah merupakan bilangan prima
atau bukan bilangan prima.
Penjelasan
1.
Langkah-langkah untuk membuat program aplikasi adalah sebagai berikut:
a. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang
harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah yaitu, apa sih tujuan dari pembuatan program, parameter apa saja yang digunakan dalam pembuatan program, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian
menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan
masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program. Misalnya menggunakan bahasa
pemrograman C#, C++,atau yang lainya.
b. Merealisasikan dengan langkah-langkah
· Memulainya.
·
Mendesain algoritma dan flowchart.
·
Menulis program.
·
Test kebenaran program
·
Dokumentasi (simpan program sebagai dokumentasi)
·
Arsip
Alat/sofware yang digunakan untuk membuat program
adalah IDE (Integrated
Development Environment) atau tools untuk membuat, menjalankan, dan men-debug
program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Misalnya Microsoft Visual C# 2005 Express Edition yang dapat
didownload secara gratis.Untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dapat
digunakan Visual Web Developer Express yang juga dapat didownload dan digunakan
secara gratis. Adapun produk yang termasuk dalam paket Express Edition yang
dapat didownload secara gratis adalah:
· Visual
Basic 2005 Express
· Visual
C# 2005 Express
· Visual
J# 2005 Express
· Visual
Web Developer 2005 Express
Jika anda menginstal Visual C# 2005
Express Edition maka didalamnya sudah terdapat beberapa komponen tambahan
seperti SQL Server Express untuk databasenya dan MSDN Express untuk
dokumentasinya, adapun paket lengkap yang terdapat pada Visual C# 2005 Express
yaitu:
· Microsoft .NET Framework 2.0
· Microsoft Visual C# Express
· SQL Server 2005 Express
· MSDN Express
Selain menggunakan IDE yang disediakan
oleh Microsoft anda dapat menggunakan tools yang lain misalnya SharpDevelop
(yang merupakan project open source yang juga dapat didownload secara gratis).
Anda juga dapat membuat program C# hanya dengan menggunakan editor teks biasa
seperti notepad, tapi pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses
pengembangan karena tidak adanya tools bantuan untuk debugging dan fitur lain
sebaik yang ada pada IDE yang khusus seperti Visual C# 2005 Express atau
SharpDevelop.
3.
Pengertian bahasa pemrograman
bahasa pemrograman adalah suatu
komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki
fungsi tertentu. bahasa pemrograman
ini adalah suatu susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk kode kode
yang kemudian akan diterjemahkan oleh program kompiler menjadi bahasa rakitan
(assembly) dan terus diolah hingga dimengerti oleh mesin. Bahasa ini
memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang
akan diolah oleh komputer,
bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah
apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan
mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
- Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya [kode_mesin|MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
- Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
- Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Berikut ini adalah daftar bahasa
pemrograman komputer:
·
Aro
·
Ada
·
ALGOL
·
Assembly
o ASP
o BASIC
o COMAL
o VBScript
·
BAIK
·
COBOL
·
UNIX shell script:
o Clipper
o Foxbase
·
Eiffel
·
Fortran
·
Go
·
Haskell
o JSP
·
Lisp
·
Logo
o Delphi
·
Perl
·
Prolog
·
Python
·
PHP
·
Pike
·
R
·
REXX
·
REBOL
·
RPG
·
Ruby
·
Simula
·
Scheme
·
SQL
4.
Pengertian tentang Algoritma
Algoritma adalah urutan
langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan
logis. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan
harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Dalam
pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus
ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan
pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan
matematik.
Hal yang
penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara
memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah
matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup
sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu,
maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.
Setelah
menuliskan algoritma, maka langkah selanjutnya adalah menggambarkan algoritma
tersebut dalam bentuk bagan alir yang disebut flowchart.
Cara membuat Flowchart untuk dasar pemrograman komputer
Algoritma yang telah dibuat kemudian digambarkan dalam
bentuk bagan alir (flowchart) dengan menggunakan simbol-simbol
untuk memudahkan memecahkan masalah yang akan diselesaikan. Flowchart adalah skema penggambaran dari
algoritma yang disusun dalam bentuk bagan secara berurutan.
Simbol-simbol yang digunakan untuk membuat Flowchart dalam pemrograman komputer.
Contoh:
Buatlah algoritma dan flowchart untuk
menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Algoritmanya
adalah :
·
Mulai
·
Tentukan
nilai x
·
Hitung nilai
y = 2x + 6
·
Tuliskan/cetak
Nilai x dan y
·
Selesai
Flowchartnya adalah:
5.
Contoh diagram alir untuk
menentukan sebuah bilangan, apakah merupakan bilangan prima atau bukan bilangan
prima.
Algoritma:
·
Mulai
·
Masukan data/bilangan
·
Cek data:
o Prima
o Bukan prima
·
Tampilkan hasil
·
Selesai
Flowchartnya adalah:
0 komentar:
Posting Komentar