Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN



DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN

Materi yang akan saya bahas:
1.        Bagaimana langkah membuat program aplikasi?
2.        Alat / software apa saja yang diperlukan?
3.        pengertian tentang Bahasa pemrograman (disertai contoh)
4.        pengertian tentang Algoritma beserta diagram alir  (disertai contoh)
5.        Contoh diagram alir untuk menentukan sebuah bilangan, apakah merupakan bilangan prima atau bukan bilangan prima.

Penjelasan
1.        Langkah-langkah untuk membuat program aplikasi adalah sebagai berikut:
a.    Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah yaitu, apa sih tujuan dari pembuatan program, parameter apa saja yang digunakan dalam pembuatan program, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program  yang digunakan untuk pembuatan program. Misalnya menggunakan bahasa pemrograman C#, C++,atau yang lainya.
b.    Merealisasikan dengan langkah-langkah
·  Memulainya.
·  Mendesain algoritma dan flowchart.
·  Menulis program.
·  Test kebenaran program
·  Dokumentasi (simpan program sebagai dokumentasi)
·  Arsip

2.        Alat/sofware yang digunakan untuk membuat program
Alat/sofware yang digunakan untuk membuat program adalah IDE (Integrated Development Environment) atau tools untuk membuat, menjalankan, dan men-debug program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Misalnya Microsoft Visual C# 2005 Express Edition yang dapat didownload secara gratis.Untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dapat digunakan Visual Web Developer Express yang juga dapat didownload dan digunakan secara gratis. Adapun produk yang termasuk dalam paket Express Edition yang dapat didownload secara gratis adalah:
· Visual Basic 2005 Express
· Visual C# 2005 Express
· Visual J# 2005 Express
· Visual Web Developer 2005 Express
Jika anda menginstal Visual C# 2005 Express Edition maka didalamnya sudah terdapat beberapa komponen tambahan seperti SQL Server Express untuk databasenya dan MSDN Express untuk dokumentasinya, adapun paket lengkap yang terdapat pada Visual C# 2005 Express yaitu:
· Microsoft .NET Framework 2.0
· Microsoft Visual C# Express
· SQL Server 2005 Express
· MSDN Express
Selain menggunakan IDE yang disediakan oleh Microsoft anda dapat menggunakan tools yang lain misalnya SharpDevelop (yang merupakan project open source yang juga dapat didownload secara gratis). Anda juga dapat membuat program C# hanya dengan menggunakan editor teks biasa seperti notepad, tapi pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengembangan karena tidak adanya tools bantuan untuk debugging dan fitur lain sebaik yang ada pada IDE yang khusus seperti Visual C# 2005 Express atau SharpDevelop.
3.        Pengertian bahasa pemrograman
bahasa pemrograman adalah suatu komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu. bahasa pemrograman ini adalah suatu susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk kode kode yang kemudian akan diterjemahkan oleh program kompiler menjadi bahasa rakitan (assembly) dan terus diolah hingga dimengerti oleh mesin. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya [kode_mesin|MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Berikut ini adalah daftar bahasa pemrograman komputer:
·  Aro
·  Ada
·  ALGOL
·  Assembly
·  BASIC:
o ASP
·  BAIK
·  COBOL
·  UNIX shell script:
o Bourne shell (sh) script
o Bourne-Again shell (bash) script
o Korn shell (ksh) script
o C shell (csh) script ™
·  C:™
o C++
o C#
·  dBase dkk.:
·  Eiffel
·  Fortran
·  Go
·  Haskell
·  Java
o JSP
·  Lisp
·  Logo
·  Pascal
·  Perl
·  Prolog
·  Python
·  PHP
·  Pike
·  R
·  REXX
·  REBOL
·  RPG
·  Ruby
·  Simula
·  Smalltalk
·  Scheme
·  SQL




4.        Pengertian tentang Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.
Hal yang penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.
Setelah menuliskan algoritma, maka langkah selanjutnya adalah menggambarkan algoritma tersebut dalam bentuk bagan alir yang disebut flowchart.

Cara membuat Flowchart untuk dasar pemrograman komputer

Algoritma yang telah dibuat kemudian digambarkan dalam bentuk  bagan alir (flowchart) dengan menggunakan simbol-simbol  untuk memudahkan memecahkan masalah yang akan diselesaikan. Flowchart adalah skema penggambaran dari algoritma yang disusun dalam bentuk bagan secara berurutan.

Simbol-simbol yang digunakan untuk membuat Flowchart dalam pemrograman komputer


Contoh:
Buatlah algoritma dan flowchart untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Algoritmanya adalah :
·       Mulai
·       Tentukan nilai x
·       Hitung nilai y = 2x + 6
·       Tuliskan/cetak Nilai x dan y
·       Selesai
Flowchartnya adalah:
 


5.        Contoh diagram alir untuk menentukan sebuah bilangan, apakah merupakan bilangan prima atau bukan bilangan prima.

Algoritma:
·      Mulai
·      Masukan data/bilangan
·      Cek data:
o  Prima
o  Bukan prima
·      Tampilkan hasil
·      Selesai
Flowchartnya adalah:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar